Keunggulan 15 Karakter Pintu Baja Versus Pintu Kayu, Mana Pilihan Terbaik?

Untuk memahami karakteristik pintu baja sebelum menggunakannya, perlu dipahami karakter dari pintu baja. Ini penting karena penggunaan pintu baja semakin populer dan banyak dicari saat ini.

Mengenal Sifat Pintu Baja

Dalam memilih jenis pintu, ada banyak material yang dapat digunakan, salah satunya adalah pintu baja. Baja adalah bahan yang memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, karakter pintu baja perlu dipahami dengan baik.

Keunggulan Pintu Baja

  1. Bobot Setara dengan Pintu Kayu
    Bobot pintu berbahan dasar baja tidak jauh berbeda dengan pintu kayu. Bahkan, bobot keduanya cukup setara, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal beratnya.
  2. Ukuran Beragam
    Pintu baja tersedia dalam berbagai ukuran yang beragam. Anda bahkan dapat memesan pintu baja dengan ukuran khusus sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.
  3. Tampilan Mirip dengan Pintu Kayu
    Pintu baja memiliki tampilan yang mirip dengan pintu kayu, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin kesan pintu kayu tetapi dengan daya tahan yang lebih baik. Pintu baja dapat digunakan dengan baik dalam berbagai desain rumah, mulai dari desain rustic, klasik, hingga modern.
  4. Lebih Kokoh dan Tahan Lama
    Dalam hal kekuatan dan ketahanan, pintu baja jauh lebih kokoh dan tahan lama jika dibandingkan dengan jenis pintu yang terbuat dari bahan kayu. Dengan penggunaan pintu baja, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan, karena pintu ini sangat kuat dan tahan lama.
  5. Tidak Mudah Mengalami Pemuaian
    Pintu yang terbuat dari bahan kayu, terutama jenis tertentu, seringkali rentan terhadap pemuaian. Namun, pemuaian ini tidak akan terjadi pada pintu baja, karena baja adalah bahan yang aman, kuat, dan tidak rentan terhadap pemuaian.
  6. Tidak Mudah Mengalami Penyusutan
    Selain pemuaian, kayu juga sering mengalami penyusutan. Ini dapat menjadi kelemahan ketika digunakan pada pintu. Namun, pintu baja jauh lebih kuat dan tahan lama, termasuk dari sifat penyusutan. Sehingga pintu baja tidak mudah rapuh dan rusak.
  7. Fleksibel dan Modelnya Bervariasi
    Pintu baja dapat dibuat dengan berbagai desain, bentuk, motif, dan ukuran yang beragam. Ini memberikan fleksibilitas dalam pemilihan pintu baja, terutama bagi rumah-rumah yang sangat mengedepankan desain.
  8. Tahan Api
    Baja merupakan bahan yang tahan api. Jadi, ketika digunakan untuk pintu, pintu baja memiliki karakteristik tahan api yang melekat. Ini merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh pintu berbahan kayu.
  9. Harganya Terjangkau
    Dibandingkan dengan jenis pintu dari material lainnya, pintu baja memiliki harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah mendapatkan dan menggunakan pintu baja mulai dari harga Rp1,5 juta. Harga ini sangat terjangkau untuk pintu dengan kualitas menarik.
  10. Tahan Cuaca
    Ketahanan pintu terhadap cuaca, baik dari sinar matahari maupun air hujan, sangat penting. Terutama jika Anda menggunakannya pada pintu utama yang langsung terkena paparan udara dan kondisi lingkungan sekitar. Dengan penggunaan pintu baja, Anda dapat menghindari permasalahan yang disebabkan oleh pengaruh cuaca ekstrem.
  11. Sistem Kunci Seperti Brankas
    Beberapa model pintu baja sudah dilengkapi dengan sistem penguncian yang maksimal, bahkan jika diperhatikan level pengunciannya juga mirip dengan brankas. Dengan sistem ini, risiko perumahan Anda dibobol oleh pencuri juga lebih rendah, dan keamanan rumah Anda dapat lebih terjaga.
  12. Mudah untuk Dibersihkan
    Anda juga dapat membersihkan pintu baja dengan mudah. Cukup menggunakan air hangat dan menambahkan sedikit detergen. Oleskan campuran ini pada kain dan gosok lembut atau cukup lap saja. Sangat mudah, bukan?
  13. Tahan terhadap Rayap
    Rayap seringkali menjadi masalah utama saat Anda menggunakan bahan kayu pada pintu. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang kemunculan rayap yang dapat merusak pintu jika Anda memilih jenis pintu baja.

Namun, seperti bahan lainnya, penggunaan pintu baja juga memiliki kekurangan, yaitu:

  1. Mudah Berkarat: Seperti besi, baja juga rentan terhadap karat. Oleh karena itu, perawatan yang baik diperlukan untuk mencegah pintu baja berkarat.
  2. Perlu Dipoles dengan Cat Khusus: Untuk menjaga ketahanan pintu baja, Anda perlu menggunakan cat anti karat yang khusus untuk melapisi pintu baja. Dengan cara ini, pintu baja akan tetap awet dan terjaga.

Demikianlah karakteristik pintu baja, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Pahami baik-baik karakteristik pintu baja sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya dalam rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top